Saturday 31 December 2011

​6 Momen Penting F1 di 2011



Ketika melihat musim balap Formula Satu 2011, terlintas sebuah pikiran bahwa ini bukanlah musim yang menarik, karena Sebastian Vettel begitu mendominasi. Namun dengan pengenalan ban Pirelli sistem DRS dan kembalinya diberlakukannya sistem KERS pada balapan 2011 memaksa beberapa tim harus pandai dan sangat cermat mengatur strateginya. Berikut sejumlah momen penting yang terjadi di ajang F1 musim lalu:

1. Sayap bergerak. Berbeda dengan kompetisi F1 musim 2010, pada musim 2011 diberlakukan regulasi yang membolehkan setiap tim memiliki sayap belakang mobil F1 yang dapat bergerak. Sayap belakang mobil yang bisa diubah sudutnya agar mempermudah akselerasi mobil dan menyalip. Meski sempat mendapat banyak kritik, penerapan regulasi ini menarik karena membuat lebih banyak overtake atau salip-menyalip dibandingkan pada musim sebelumnya. 

2. Kembalinya KERS. Kinetic Energy Recovery Systems (KERS) adalah sebuah baterai yang berfungsi menyimpan tenaga yang terbuang dari momen pengereman untuk kemudian digunakan kembali untuk melajukan mobil lebih cepat. Sebelumnya, regulasi ini pernah diterapkan pada 2009 namun dilarang pada 2010.

3. Kehadiran Pirelli. Pirelli menjadi satu-satunya pemasok ban pada balapan F1 2011. Pirelli setidaknya mempertahankan pendekatan agresif mereka pada tahun 2012, agar bisa tetap bersama F1. Di musim balap 2011, hampir tidak ada tim yang mengeluhkan kondisi ban ini, baik saat trek basah atau pun kering.  

4. Lima juara dunia dalam satu trek. Tahun 2011 ini nama?nama pebalap terkenal masih mendominasi, bahkan lima peraih juara dunia saling balap di lintasan. Selain Sebastian Vettel, masih ada Jenson Button, Lewis Hamilton, Fernando Alonso. Satu hal yang perlu dicatat pada balapan musim 2011, adalah kembalinya Michael Scumacher ke arena jet darat ini. 

5. Dominasi Red Bull. Meski sempat dilecehkan Lewis Hamilton bahwa Red Bull hanyalah 'penjual' minuman di lintasan F1, tidak membuat tim juara F1 2010 itu kecil hati. Sebaliknya, tim besutan Christian Horner itu justru kembali mendominasi.

6. Sebastian Vettel rebut gelar kedua. Total, Sebastian Vettel mengoleksi 11 podium sebagai nomor satu pada tahun 2011 ini, disusul Jenson Button, Lewis Hamilton dan Fernando Alonso. 

Jika para pesaing Red Bull dapat menutup kesenjangan yang terjadi pada F1 2011, maka musim 2012 berpotensi menyajikan pertandingan seru. Nama-nama seperti Jenson Button, Lewis Hamilton, hingga Fernando Alonso seperti kurang beruntung musim 2011 ini. Tapi ingat, tahun depan Kimi Raikkonen kembali ke ajang ini bersama tim Lotus Renault dan Michael Scumacher masih tetap bersama Tim Mercedes. Yang patut ditunggu, siapa kuda hitam yang mampu merusak dominasi Red Bull, McLaren Mercedes dan Ferrari.  



http://sport.ghiboo.com/momen-penting-f1-di-2011
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit

follow @Apaajaboooleh on twitter
kritik , saran dan masukan.. kirim ke apaajabooooleh@gmail.com..:)