Friday 9 December 2011

Inilah Tampilan #NewKaskus


diambil dari http://dailysocial.net/2011/12/08/inilah-tampilan-newkaskus/


Seperti yang kami informasikansebelumnya, di usianya yang ke-12 Kaskus telah siap untuk meninggalkan VBulletin dan menggunakan platform forum baru yang dikembangkannya sendiri. So far belum ada kabar tentang kapan migrasi ke #NewKaskus akan dilakukan. Sementara ini, #NewKaskus baru bisa diakses oleh kalangan terbatas dan kemungkinan bakal bisa diakses secara bebas di awal tahun 2012 — meskipun kita semua berharap bisa mencicipinya lebih cepat. No worry, jika Anda berkeinginan untuk mengetahui seperti apa tampilan #NewKaskus sekarang, kami berkesempatan untuk menginformasikannya untuk Anda.

Secara tampilan, #NewKaskus ini lebih rapi dan sleek. Lebih sedikit slot iklan yang ditawarkan — artinya bakal semakin mahal harga slot tersebut. Selain menggunakan akun Kaskus, Anda sekarang bisa register dengan akun Facebook, Twitter ataupun Yahoo! yang Anda miliki. Ada tab yang tersedia di bawah untuk memudahkan Anda pindah antar forum di dalam Kaskus. Di #NewKaskus ini ditegaskan lagi bahwa menu besar yang ada adalah Forum dan Jual Beli, kemudian diikuti Groupee, Radio, dan Blog sebagai sampingan.
Khusus untuk Jual Beli (selanjutnya disebut FJB), terdapat menu khusus untuk Anda yang ingin membeli atau menjual. Terdapat tiga langkah mudah untuk mempublikasikan kebutuhan Anda, dimulai dengan mengkategorikan barang, kondisi barang hingga harga yang ditawarkan/diinginkan. Yang menjadi pertanyaan, saya tidak menemui opsi pembayarannya — apakah sudah diintegrasikan dengan sistem pembayaran yang kabarnya juga dibangun oleh Kaskus atau tidak. Lalu bagaimana nasib Rekening Bersama yang sudah secara luas digunakan selama ini, apakah mereka bisa hidup bersama secara mutualisme.
Untuk fitur pencarian sendiri, nampaknya ada perbaikan yang cukup signifikan. Hasil pencarian kini terbagi berdasarkan kategorinya, apakah termasuk dalam thread forum ataupun thread jual beli. Yang ditampilkan pun selalu relevan dengan konteks. Semoga keluhan yang pernah Rama sampaikan untukhasil pencarian Kaskus beberapa waktu yang lalu tidak terulang kembali di #NewKaskus ini.
Buat saya secara tampilan, #NewKaskus sendiri mungkin sudah cukup menjawab keinginan penggunanya untuk UI dan UX yang lebih rapi dan bersih — meskipun saya tidak bisa mengatakan bahwa tampilannya sudah sampai taraf “indah”. Yang menjadi pertanyaan dan tantangan utama adalah masalah stabilitas. Apakah jika nantinya sudah go live, #NewKaskus ini bisa meng-handle segitu banyakload dengan teknologi dan infrastruktur yang dimilikinya sebagai forum terbesar di Indonesia — sesuatu hal yang bahkan membuat VBulletin sampai angkat tangan.
Catatan: information tab yang di bawah (Home, Forum, Jual Beli, Groupee) ter-capture di tengah karena posisinya statis terhadap browser. Ini merupakan capture untuk halaman secara keseluruhan.
  • Frontpage
  • Home
  • Forum
  • Jual Beli
  • Sell
  • Thread
  • Search

Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit

2 comments

follow @Apaajaboooleh on twitter
kritik , saran dan masukan.. kirim ke apaajabooooleh@gmail.com..:)