Friday 9 March 2012

10 Alasan Mengunjungi Melbourne pada 2012


Federation Square (Sumber: Tourism Victoria Australia)
Melbourne dengan kota yang tertata rapi, objek wisata yang menarik dan restoran yang romantis, sukses menarik para turis untuk mengunjunginya. Jika Anda belum pernah ke sana, berikut 10 alasan mengapa Anda harus ke Melbourne di tahun 2012!

Salah satu kota di negara bagian Australia yang saat ini banyak dikunjungi wisatawan mancanegara adalah Melbourne, Provinsi Victoria. Kota ini menawarkan sejuta pesona pada tiap wisatawan yang datang lewat tata kota, objek wisata, restoran, juga transportasinya. Jika belum pernah berkunjung ke Melbourne, ayo masukkan kota ini dalam daftar tujuan berlibur Anda!

Ini dia 10 alasan mengunjungi Melbourne pada 2012, diambil dari rilis Tourism Victoria Australia yang diterima detikTravel, Jumat (2/3/2012):

1. The Melbourne Food and Wine Festival 2012

Dalam rangka merayakan ulang tahun Melbourne yang ke-20 tahun ini, The Melbourne Food and Wine diperpanjang hingga 20 hari. Acara ini dimulai dari 2-21 Maret 2012. Festival ini akan dimulai dengan Riverside Opening Weekend dengan 80 acara berbeda, pesta di jalanan kota dan makan siang terpanjang di dunia. Sebanyak 100 koki dan pembuat anggur top dari 14 negara di dunia akan bertemu di acara ini.

2. Restoran-restoran baru yang menarik

Ada banyak restoran baru dan menarik yang dibuka di Melbourne. Mulai dari Shannon Bennett’s New Vue de Monde di puncak Rialto, Donovan Cookie’s Atlantic di Crown, dan Andrew McConnell’s Golden Fields di St Kilda. Para pecinta wisata kuliner bisa menikmati santap siang maupun malam di Restoran Chin Chin, dengan koki Chris Lucas dari Pearl Fame, dan Dandelion dari Geoff Lindsay di Elwood.

3. Keajaiban Mesopotamia Kuno


Keajaiban Mesopotamia Kuno adalah sebuah pameran yang akan menampilkan artefak dari salah satu peradaban kuno terbesar di dunia. Pameran ini akan dibuka pada RACV Victorian Tourism Award Winner 2011, di Museum Melbourne pada 4 Mei 2012. Ada tiga fokus yang diambil pada pameran, yaitu pusat peradaban kuno, Sumeria, Asyiria dan Babilonia, yang mengusung sejarah mereka yang kaya lewat benda-benda dan multimedia. Tema yang diangkat dalam pameran ini meliputi istana dan kekuasaan raja, keyakinan dan ritual, praktik penguburan dan makam-makam kerajaan, dan mitos-mitos dan legenda yang mengelilingi Mesopotamia kuno.

4. Saatnya berkunjung ke Woodland Walk

Jika selama ini Anda berkunjung ke Melbourne untuk melihat kanguru, walabi, emu dan wombat, kini saatnya beralih ke Woodland Walk. Woodland Walk ini ada di Wilson Promontory National Park. Tempat ini berada di bagian utara taman, terbentang sejauh 7,6 km. Selama berjalan kaki, Anda bisa menikmati pesona alam Melbourne yang asri.

5. Sensasi memberi makan hiu dan ikan pari terbesar di dunia


Rasakan pengalaman berbeda dan paling berkesan di Melbourne, dengan memberi makan hiu dan ikan pari terbesar di dunia. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Australian Shark and Ray Center (ASRC). Lokasi pemberian makan hiu dan ikan pari ini bisa dijangkau sekitar 20 menit dari Melbourne, menuju Philip Island dan Monington Peninsula. Pengunjung bisa memilih untuk tetap kering dengan celana tahan air, atau menceburkan diri hingga sebatas pinggang dengan pakaian renang. Anda juga bisa memberi makan hampir 20 jenis hiu dan pari dengan tangan sendiri!

6. Menikmati minuman anggur di Yarra Valley

Yarra Valley selama ini dikenal sebagai wilayah pembuat anggur nomor satu dari jenis yang berbeda di Victoria. Di sini, Anda bisa melihat sejumlah petani anggur membuat sendiri anggur. Tidak hanya itu, pengunjung yang datang juga bisa mendapatkan cider (bibit pembuat wine). Anda pun bisa mencoba untuk membuat anggur sendiri di rumah.

7. Bermain Aqua Orbs Water Zorbing


Aqua Orbs Water Zorbing adalah aktivitas terbaru yang menyenangkan bagi keluarga. Kegiatan ini sedang tren di kota terbesar kedua di Victoria, yaitu Geelong. Pengunjung akan dimasukkan di dalam sebuah balon raksasa, dan dilepas di tepi pantai. Berlokasi di Pantai Timur dari tepi pantai Geelong yang indah, Aqua Orbs adalah tambahan yang aman dan menyenangkan di hari apa saja di teluk Corio. Atraksi keluarga baru terdekat lainnya adalah Saddle On Riding School di Geelong. Di sini Anda bisa mendapatkan pengalaman pariwisata dengan menaiki kuda poni, BMX, kereta, memanah dan jalur yang telah tersedia, ditambah peternakan hewan untuk anak-anak.

8. Jalan-jalan di King Valley Prosecco


King Valley Prosecco Road adalah tempat Anda menikmati anggur di Melbourne. King Valley adalah wilayah pertama di Australia yang tumbuh secara komersial dan menghasilkan anggur putih Italia. Setiap tahun, wilayah ini memproduksi lebih dari 10.000 peti untuk pasar Australia. King Valley dapat ditempuh dengan mobil, kereta api atau udara. Anda juga bisa berangkat dari Albury Airport yang memiliki penerbangan harian antara Melbourne, Canberra dan Sydney. Waktu tempuh kurang lebih 90 menit perjalanan dari bandara ke King Valley.

9. Belajar sejarah di The Barmah Forest dan Education Center

The Barmah Forest Heritage dan Education Centre telah terbuka untuk umum. Terletak di Nathalia, utara Victoria, tempat ini memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menemukan dan menjelajahi sejarah yang beraneka ragam. Di sini, Anda akan diajak kembali ke masa pra-1830. Tidak hanya itu, pengunjung juga akan mendapatkan informasi mengenai masyarakat asli, industri kayu, industri masa lampau. Di tempat ini, pengunjung juga bisa melihat lahan dari pohon River Red Gum terbesar di dunia.

10. Mengunjungi pameran di Goldfields Victoria


Daerah Goldfields Victoria mulai dikenal masyarakat luas karena pameran-pameran seninya, dan juga karena sejarah emas dan arsiktekturnya. Tahun ini, Art Gallery of Ballarat telah terpilih menjadi tuan rumah dari Queen Elizabeth II by Cecil Beaton: A Diamond Jubilee Celebration. Pameran ini telah dibuka dari 25 Februari hingga 15 April 2012. Ini adalah pameran cetakan vintage dari Museum V & A London yang diambil oleh fotografer kerajaan, Sir Cecil Beaton. Tidak hanya itu, di ujung jalan Bendigo, ada perayaan ratu layar lebar, 'Grace Kelly: Style Icon' pada 11 Maret-17 Juni 2012.

http://travel.detik.com/read/2012/03/02/150618/1856563/1025/inilah-10-alasan-mengunjungi-melbourne-pada-2012?9933011024
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit

follow @Apaajaboooleh on twitter
kritik , saran dan masukan.. kirim ke apaajabooooleh@gmail.com..:)