Senin, 12 Maret 2012

10 Perbedaan antara Amerika dan Eropa


Benua Amerika dan Benua Eropa adalah dua benua terbesar, keduanya menjadi pusat perhatian dunia. Amerika dan Eropa terpisah oleh Samudra Atlantik dan memiliki perbedaan waktu antara 5-7 jam. Banyak orang membicarakan perbedaan Amerika dengan Eropa bagaikan siang dan malam. Berikut ini adalah 10 perbedaan Amerika dengan Eropa.
10 perbedaan Amerika dengan Eropa

10. Bahasa

Yang pertama tentu saja adalah bahasa yang digunakan. Amerika memiliki satu bahasa yang resmi digunakan yaitu Bahasa Inggris (meskipun beberapa orang mungkin mengatakan bahwa Spanyol). Di sisi lain Eropa memiliki lebih dari satu bahasa dari berbagai bangsa yang termasuk dalam benua Eropa. Alhasil, kebanyakan orang Eropa akan mempelajari paling tidak satu bahasa lain di sekolah (hampir wajibkan di daratan Eropa, tetapi tidak untuk negara Inggris). Bahasa Inggris digunakan di kebanyakan kota besar dan pada kasus sebagian orang seperti Belanda, Inggris di Eropa dapat lebih baik daripada orang Inggris di Inggris.
Bahasa

9. Pemerintahan

Eropa: Parlemen Eropa (Europarl atau EP) adalah badan parlemen yang dipilih langsung dari Uni Eropa (UE). Bersama dengan Dewan Uni Eropa (Dewan), membentuk cabang legislatif bikameral (yang terdiri dari dua dewan) lembaga Uni dan sebagai salah satu dari lembaga legislatif yang paling kuat di dunia. Parlemen dan Dewan membentuk lembaga legislatif tertinggi dalam Perhimpunan. Akan tetapi kewenangan mereka tersebut hanya terbatas pada kompetensi yang diberikan oleh Masyarakat Eropa. Karena itu lembaga ini memiliki sedikit kontrol atas kebijakan yang diselenggarakan oleh negara dan dalam dua lainnya dari tiga pilar Uni Eropa. Parlemen ini terdiri dari 785 anggota parlemen (Anggota Parlemen Eropa) yang mengabdi pada pemilih demokratis kedua terbesar di dunia (setelah India) dan pemilih trans-nasional terbesar demokratis di dunia (492 juta).
Amerika: Amerika Serikat adalah sebuah negara yang berbentuk Republik Federal dan menerapkan sistem pemerintahan presidensiil. Pemerintahan federal mempunyai tiga cabang: eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Melalui sebuah sistem pemisahan kekuasaan atau “checks and balances,” masing-masing cabang memiliki beberapa otoritas untuk bertindak sendiri, beberapa otoritas mengatur dua cabang lainnya, dan memiliki beberapa otoritas sendiri, pada gilirannya, diatur oleh cabang lainnya. Di samping itu, kekuasaan pemerintah federal secara keseluruhan dibatasi oleh Konstitusi, yang meninggalkan banyak kewenangan kepada masing-masing negara bagian. Pemerintah federal berpusat di distrik federal di Washington, DC dan sering disebut sebagai “Washington”.
Pemerintahan

8. Waktu makan dan etiket

Di kebanyakan negara di Eropa mungkin lebih banyak menemukan acara makan sebagai acara keluarga yang dilakukan bersama-sama di meja makan dan mengutamakan etiket saat makan. Namun sebaliknya bagi kebanyakan orang Amerika yang terkenal serba cepat, sibuk dan praktis, lebih memilih kenyamanan makan di depan televisi. Warga Amerika lebih suka makan makanan cepat saji dan dapat dengan mudah ditemukan. Berbeda dengan Eropa yang lebih suka menyajikan makanan sendiri. Perbedaan yang lumayan mencolok adalah di Eropa, supermarket lebih sedikit jumlahnya daripada di Amerika, sehingga mengharuskan orang-orang Eropa membeli kebutuhan di pasar dan menyimpannya di kulkas. Ini berarti mau tidak mau kebanyakan orang Eropa memasak makanannya sendiri ketimbang membeli.
Waktu makan dan etiket

7. Biaya kesehatan

Biaya kesehatan seperti rumah sakit, kelahiran dan lainnya termasuk fasilitas umum yang disediakan pemerintah. Seperti yang kita ketahui biaya kesehatan baik di Amerika dan Eropa adalah murah, bahkan beberapa ada yang gratis. Dikatakan murah jika dibandingkan dengan negara dunia ketiga (negara berkembang). Biaya kesehatan di Amerika dan Eropa sejatinya adalah tidak gratis, hanya dibayar dengan cara yang berbeda. Di Amerika biaya kesehatan dibayar melalui premi, tidak mengherankan jika asuransi di Amerika sangat populer. Sedangkan di Eropa biaya kesehatan disokong melalui pajak. Pajak di Eropa sangat tinggi. Tetapi alokasinya cukup efektif, rakyat masih bisa merasakan hasil dari pajak yang mereka bayarkan.
Biaya kesehatan

6. Olahraga

Di Amerika akhir pekan adalah saat yang tepat untuk menonton tim olahraga favorit bersama keluarga atau teman. Amerika memiliki lima olahraga favorit yaitu basket, baseball, american football, hoki dan balap mobil. Orang Amerika akan menyiapkan camilan, mengincar kursi favorit dan berteriak-teriak di depan televisi mendukung tim favorit mereka. Sedangkan di Eropa ada empat olahraga yang populer, diantaranya adalah sepakbola, cricket, rugby dan tenis. Seperti yang kita tahu sepakbola adalah olahraga paling populer daratan Eropa. Bintang-bintang sepakbola terkenal banyak bertabur di Eropa dan Inggris. Bahkan klub-klub terkenal memiliki pendukung fanatik.
Olahraga

5. Belanja

Toko-toko di Amerika sangat menjamur. Ada sejumlah toko besar di Amerika yang mendunia seperti Wal-Mart, Target, Meijer, Lowe’s, Home Depot dan lainnya. Di Amerika dapat belanja sambil mengeksplorasi mencari barang dan jasa dengan banyak pilihan. Apa yang kita butuhkan dapat di dapatkan di toko-toko Amerika yang sangat lengkap. Sedangkan di Eropa kita masih dapat melihat jalanan lebih tinggi daripada mall. Supermarket di Eropa termasuk jarang, meskipun mulai terjadi perubahan di beberapa negara. Di Eropa jika Anda memerlukan beberapa barang yang berbeda maka Anda harus pergi ke banyak toko tidak hanya satu toko.
Belanja

4. Mata uang

Mata uang yang digunakan di Amerika adalah Dollar AS yang juga digunakan secara luas di seluruh dunia. Dollar AS juga digunakan sebagai kurs terhadap mata uang lain. Bentuk fisik mata uang Amerika koin dan kertas. Di Eropa menetapkan mata uang Euro bagi negara anggota Uni Eropa. Euro dianggap lebih universal untuk anggota negara Uni Eropa, kecuali Inggris. Inggris dibebaskan untuk tetap menggunakan Poundsterling. Euro sangat memudahkan bagi wisatawan yang berlibur di Eropa.
Mata uang

3. Masakan

Masakan Amerika dan Eropa sudah terkenal di seluruh dunia. Namun ada sedikit perbedaan dari masakan Amerika dan Eropa. Namun ada juga sedikit persamaanya, masakan Amerika dan Eropa menggunakan lebih sedikit bumbu seperti bawang, garam dan merica. Berbeda dengan masakan Asia dan negara-negara Arab yang menggunakan banyak bumbu dan rempah-rempah. Masakan Amerika sangat populer dengan junk foodnya seperti kentang goreng, hamburger, hotdog, steak dan lain sebagainya. Sedangkan di Eropa yang memiliki latar belakang negara dan budaya yang beragam tentu memiliki masakan khas masing-masing negara, Di Eropa masih mempertimbangkan masakan sehat dalam porsi yang kecil.
Masakan

2. Minuman

Tidak diragukan lagi orang Amerika adalah sangat suka minuman beralkohol. Beer adalah minuman favorit mereka dan selalu tersedia di setiap rumah, ada ribuan jenis produk ekspor dan impor. Setiap negara bagian di Amerika memiliki regulasi mengenai minuman beralkohol ini. Seperti di Michigan, anda tidak diijinkan membeli beer pada hari Minggu setelah jam lima sore dan tidak boleh setelah jam 2 pagi. Anda harus berusia 21 tahun untuk dapat menikmati minuman ini, meskipun banyak anak di usia 16 atau 17 tahun sudah mengkonsumsinya. Tentunya ini adalah perilaku yang buruk. Sedangkan di Eropa, tentu saja mereka meminum beer dan minuman beralkohol lainnya. Tetapi untuk acara-acara dengan tema-tema tertentu dan tidak setiap saat. Baik di Amerika dan Eropa mengemudi di bawah pengaruh alkohol adalah pelanggaran berat dengan hukuman yang berat.
Minuman

1. Keseharian

Meskipun Amerika dan Eropa ada kesamaan dalam jalur mengemudi. Namun ada perbedaan dalam aturan lalu lintas. Di Amerika mobil dibolehkan menyalakan lampu merah, sebagian besar tanda-tanda dan marka jalan menggunakan simbol-simbol internasional yang sama. Di Eropa, zebra cross ada tiger crossing (garis kuning-hitam di jalan) yang membolehkan pengendara sepeda untuk menyeberang tanpa turun dari sepeda. Perbedaan yang mencolok dalam keseharian adalah soket listrik di Inggris berbeda dari Eropa. Dan Eropa berbeda dengan Amerika. Colokan listrik di Eropa umumnya memiliki dua pin melingkar untuk memasukan ke soket, sedangkan di Inggris terdapat tiga pin persegi panjang tebal. Coba perhatikan charger laptop anda, anda dapat menebak dari mana asal soket tersebut. Selain itu mematikan lampu di Eropa berlawanan arah dengan Amerika.
Lalu lintas
http://top10.web.id/geografi/10-perbedaan-antara-amerika-dan-eropa
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit

follow @Apaajaboooleh on twitter
kritik , saran dan masukan.. kirim ke apaajabooooleh@gmail.com..:)