Tuesday 13 March 2012

3 Faktor Penting Membangun Kamar Mandi


detail berita
Foto: Kamar mandi standar/ designetwork.com
JAKARTA -  Kamar mandi merupakan tempat paling penting dalam sebuah tempat tinggal. Selain berfungsi sebagai ruang membersihkan diri, kamar mandi seyogyanya nyaman dan aman ketika digunakan.

Agar tampil lebih menarik, sebuah kamar mandi harus dibarengi dengan berbagai perlengkapan yang telah didesain untuk memenuhi kebutuhan dan selera.

Beberapa di antaranya perlengkapan kamar mandi yang menarik dengan warna-warna yang memikat sebagai unsur dekoratif. Serta fungsional seperti bathub, wastafel, closet, bidet, shower serta penunjangnya seperti cermin, handuk, perangkat perawatan rubuh, mulai dari sabun, sikat gigi, shampo, dan lainnya.

Dalam membangun kamar mandi di rumah Anda, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Berikut tiga faktor yang perlu Anda perhatikan dalam membangun kamar mandi, seperti yang dilansir dari blog arsitektur
 Architectaria, Jumat (9/3/2012):
1. Faktor Sehat (Higienitas).
Kamar mandi yang ideal, adalah kamar mandi yang memperhatikan sisi kesehatan bagi penggunanya. Untuk menunjang faktor higienis tersebut, usahakan semua bahan atau material, terutama lantai dan dinding harus kedap air. Dengan demikian, kamar mandi dengan dapat dengan mudah dibersihkan.

Karena kerap terpapar air, kamar mandi dapat dengan mudah menghasilkan bau yang tidak enak, maka diperlukan ventilasi udara yang memadai. Usahakan sinar matahari masuk ke dalam kamar mandi, sebab dengan masuknya sinar matahari bakteri-bakteri yang ada dengan cepat akan musnah.
2. Faktor Kenyamanan. 
Selain faktor kesehatan, faktor kenyamanan juga perlu Anda pertimbangkan supaya aktivitas membersihkan badan bisa lebih menyenangkan. Untuk menunjang faktor ini, usahakan menggunakan warna-warna cerah. Sebab, apabila kamar mandi menggunakan warna gelap, kotoran yang melekat tidak tampak.

Hal tersebut akan membuat keadaan kamar mandi tidak sehat dan tidak nyaman. Oleh karena itu,  atasilah hal tersebut dengan menyediakan sumber air yang bersih dan pembuangan air kotor dari kamar mandi yang lancar.
3. Faktor Keamanan.
Ketika faktor kesehatan dan kenyamanan telah dipastikan terdapat pada kamar mandi Anda, faktor selanjutnya yang perlu dihadirkan adalah faktor keamanan.

Usahakanlah, baik lantai maupun bak air menggunakan material yang tidak licin. Semua material yang ada didalam kamar mandi, seharusnya berkualitas baik, dan kokoh, termasuk baik pemasangannya. Misalnya, pemasangan wastafel atau rak bahkan cermin harus benar dan kokoh agar aman.

Apabila hal-hal tersebut di atas diperhatikan, kamar mandi yang akan didesain, dibangun, ataupun direnovasi nantinya dapat memenuhi kebutuhan, serta mendukung penampilan kamar mandi Anda menjadi lebih nyaman untuk digunakan dan bersuasana menarik dengan segala bentuk dan atributnya.
(rhs)
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit

follow @Apaajaboooleh on twitter
kritik , saran dan masukan.. kirim ke apaajabooooleh@gmail.com..:)