Saturday 17 March 2012

6 Langkah Cegah Nyeri Punggung


foto


























Aktivitas sehari-hari terkadang membuat punggung terasa sakit. Duduk terlalu lama di kantor, mengangkat beban berat, merokok, dan stres, bisa memicu rasa sakit itu. 

Menurut penelitian di Amerika Serikat, nyeri punggung dialami 80 persen orang yang usianya mencapai 50 tahun. Perempuan yang paling sering mengalami sakit itu disebabkan kesalahan postur tubuh ketika beraktivitas sehari-hari.

Untuk mencegah rasa sakit itu, situs health.com memberikan enam langkahnya.

1. Duduk dengan benar
Tidak perlu memakai kursi mahal yang ergonomis. Anda hanya perlu memastikan kursi tersebut tidak membuat punggung berbentuk S atau C. Setiap setengah jam duduk di kantor, sebaiknya Anda berdiri dan berjalan selama beberapa detik sebelum kembali lagi bekerja.

2. Berdiri tegak
Terapi fisik Renee Garrison punya cara jitu untuk membantu pasiennya berdiri tegak. Bayangkanlah sebuah garis turun dari atas kepala menuju kaki Anda. Telinga, pundak, pinggul, dan lutut harus menumpuk sepanjang garis itu. Kepala Anda harus ditumpuk juga ke garis itu, tapi jangan menonjol ke depan.

3. Pakailah sol sepatu yang empuk
"Kalau sepatu Anda hanya memakai sedikit bantalan, maka setiap berjalan di aspal Anda menghantam pula tulang dan otot pinggang," kata Wakil Ketua Departemen Bedah Ortopedi Medical College of Wisconsin, Raj Rao. Carilah sepatu dengan sol empuk. Ketika di rumah, pakai sandal jepit yang solnya tebal atau sepatu olahraga yang empuk.

4. Jangan merokok
Pada 2010 di Amerika Serikat, ada 40 studi yang menghubungkan bukti perokok mengalami gangguan sakit punggung lebih sering ketimbang yang tidak merokok. Menurut dokter Rao, keadaan tersebut terjadi karena asap rokok mengurangi aliran darah ke tulang punggung.

5. Pelajari cara mengangkat beban yang benar
Angkatlah beban berat dengan menumpu pada kaki, bukan punggung. Kalau benda itu ringan, tapi ukurannya besar, coba dengan menekuk satu lutut dan memperpanjang kaki yang lain ke belakang. Lalu bersandarlah ke kuris atau meja untuk mendapat dukungan ketika mengangkat beban itu.

6. Perkecil ketebalan bantal Anda
"Tidur dengan dua atau tiga bantal bisa membuat otot di leher tegang," kata ahli bedah ortopedi tulang belakang dari Texas Back Institute, Hessica Shellock. 



http://www.tempo.co/read/news/2012/03/16/060390649/6-Langkah-Cegah-Nyeri-Punggung 
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit

follow @Apaajaboooleh on twitter
kritik , saran dan masukan.. kirim ke apaajabooooleh@gmail.com..:)