Jika kita beranggapan bahwa pekerja Industri film Hollywod adalah kelompok orang kaya dan ber-glamour, maka setelah melihat data dibawah ini, mungkin anda akan punya pendapat lain tentang pendapatan mereka.
Ini bisa saja menjadi bahan pertimbangan buat anda yang ingin terjun kedunia Film/Sinetron/TV, posisi apa saja yang banyak dicari dan diburu orang yang berkaitan dengan dunia industri film.
Saya akan tampilkan 7 Posisi berpenghasilan terbaik di bidang Industri Film di Hollywood, USA. Posisi apakah itu, Cekidot :
1. Talent Agent
Anda tidak akan pernah melihat agen bakat di sampul Vanity Fair atau Forbes, tetapi dia hanya bekerja di belakang layar untuk membuat kesepakatan agar menghasilkan/memastikan film terbaik dan personal yang bekerja profesional.
Peran agen bakat adalah bekerja mencakup semua hal di film. Agen menemukan script untuk aktor atau director untuk dibaca. Mereka juga belanja "headshots" klien mereka, gulungan film, dan skrip asli untuk studio dan perusahaan produksi independen di seluruh negeri.
Mereka bernegosiasi gaji dan bagi hasil kesepakatan dengan studio film dan perusahaan distribusi. Mereka juga harus menemukan peluang promosi dan sponsor ekstra untuk klien mereka, entah itu menempatkan wajah mereka pada kampanye parfum atau shooting iklan untuk minuman ringan dll. Mereka memastikan klien mereka dipesan di kamar hotel yang tepat, penerbangan pesawat yang tepat dan memiliki semua makanan favorit mereka dan musik dan pakaian ketika mereka tiba.
Bakat agen untuk para aktor utama, sutradara dan produser di Hollywood terkonsentrasi di beberapa lembaga seperti CAA, United Artist dan ICM [sumber: Gimbel / contoh di Amerika]. Agen bakat biasanya menerima 10 persen dari pendapatan klien mereka di bawah kontrak khusus untuk proyek film. Jika klien Anda menarik di puluhan bahkan ratusan juta dolar setahun, maka Anda hanya duduk cantik dan manis saja untuk menghitung pendapatan seorang Agen Bakat. Biro Statistik Tenaga Kerja memperkirakan bahwa gaji rata-rata tahunan untuk agen bakat adalah $ 178.340 - lebih dari gaji tahunan rata-rata untuk pekerjaan industri film lainnya pada tahun 2010 [sumber: Biro Statistik Tenaga Kerja].
2. Multimedia Artists and Animators
Luangkan waktu untuk melihat sekilas lima film paling sukses sepanjang masa:
1. Avatar (2009) - $ 2800000000
2. Titanic (1997) - $ 1800000000
3. Harry Potter and the Deathly Hallows, Bagian 2 (2011) - $ 1300000000
4. Transformers: Dark of the Moon (2011) - $ 1100000000
5. The Lord of the Rings: The Return of the King (2003) - $ 1100000000 [sumber: BoxOfficeMojo].
Apa mereka memiliki kesamaan? Dimulai dengan Titanic pada tahun 1997, film yang paling sukses di dunia semua bidikan/shoot dengan tehnologi digital yang disempurnakan, animasi komputer dunia. Animasi dan digital efek studio seperti Disney milik Pixar dan Industrial Light George Lucas dan Magic (ILM) mempekerjakan tim seniman berbakat dan animator untuk menciptakan karakter sepenuhnya terwujud dan pengaturan yang rumit dari awal.
Seniman dan animator bekerja selama proses pra-produksi dan produksi. Seniman tradisional dan kartunis seringkali disewa untuk sketsa ide awal untuk tampilan dari karakter yang berbeda dan pengaturan. Pemahat juga dibawa untuk menciptakan model tanah liat 3D pertama dari karakter, yang kemudian dapat dipindai ke dalam bentuk digital untuk animator. Animator komputer adalah dalang virtual yang dengan susah payah membawa emosi karakter dan dialog ke frame bingkai kehidupan dengan teliti.
Gaji rata-rata tahunan untuk seniman multimedia dan animator di industri film dan video adalah $ 72.380 pada tahun 2010 [sumber: Biro Statistik Tenaga Kerja].
3. Cinematographer and Director of Photography
Sebuah film bisa memiliki skenario paling bertalenta di Hollywood, memiliki director yang paling visioner dan aktor terpanas/laris, tetapi apa yang terpenting adalah cara capturing gambar pada layar. Jika semua kejeniusan yang tidak bisa ditangkap setia pada film, maka proyek ini adalah dipastikan mubazir/sia-sia. Itu sebabnya para pembuat film terbaik berinvestasi dalam sinematografer papan atas.
Peran cinematographer adalah menerjemahkan visi sutradara dan penulis skenario cerita itu ke film atau video. Sinematografer harus memiliki mata yang artistik yang tajam dan penguasaan teknologi dan teknik pemotretan. Para sinematografer dan direktur fotografi (DP) tidak selalu orang yang sama. Pada film yang lebih besar, cinematographer bertanggung jawab untuk komposisi bidikan/shooting dan perencanaan, sedangkan DP mengelola kamera dan kru pencahayaan. DP bertanggung jawab untuk memilih kamera, lensa, dan peralatan lainnya yang diperlukan untuk mendapatkan bidikan/shooting.
Biro Statistik Tenaga Kerja, daftar upah rata-rata tahunan untuk film dan operator kamera video sebagai $ 52.380 pada tahun 2010, tetapi tingkat atas cinematographers dan direksi fotografi bisa mendapatkan jauh lebih angka itu [sumber: Biro Statistik Tenaga Kerja].
4. Construction Manager
Shooting film berbiaya besar seperti membangun sebuah dunia yang dari bawah ke atas. Di dalam soundstages studio besar, tim pembangun seting lokasi, tukang kayu, tukang batu, tukang plester, pelukis, dan bahkan tukang pipa bekerja berjam-jam untuk membangun eksterior dan interior bangunan dan rumah [sumber: SkillSet.org]. Mereka juga membangun tahap-tahap dan struktur yang diperlukan untuk pengambilan gambar efek khusus yang melibatkan aktor. Mengawasi kru besar ini adalah manajer konstruksi.
Manajer konstruksi melaporkan langsung kepada direktur seni dan bekerja sama dengan desainer produksi dan mengatur desainer untuk menciptakan visi yang sesuai dengan keinginan sutradara . Manajer konstruksi harus memiliki kecakapan teknis untuk mendapatkan pekerjaan dan keterampilan manajemen untuk tetap tim besar pekerja tepat waktu dan sesuai anggaran.
Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, gaji rata-rata tahunan untuk kontraktor perdagangan khusus di manajemen konstruksi adalah $ 91.620 pada tahun 2010.
5. Art Director
Art director bekerja dengan Director dan produser untuk membuat sketsa visi secara rinci, Set lokasi dan sekitarnya untuk film. Maka itu tanggung jawab desainer seni untuk membawa visi tersebut ke layar. Direktur seni mengelola sebuah tim besar seperti orang-orang drafting, desainer set, dekorator set, prop master dan manajer set konstruksi.
Art director harus mempunyai manajerial yang efektif dan seniman kreatif, juga mampu membawa dunia fiksi dalam batasan anggaran film itu sendiri. Karena pekerjaan itu memerlukan keterampilan yang sangat khusus , art director hanya berjumlah sekitar 1.870 orang yang bekerja di seluruh film dan industri video. Tapi karena kualitas art director dalam permintaan cukup tinggi , maka mereka bergaji tahunan rata-rata $ 125.010 [sumber: Biro Statistik Tenaga Kerja].
6. Actors
Aktor membentuk hubungan antara visi sutradara, kata-kata penulis skenario dan penonton. Menjadi seorang aktor memerlukan kesadaran dan kontrol gerakan seseorang dan ekspresi yang dapat diperoleh dari latihan akting secara formal selama bertahun-tahun. Para aktor yang paling sukses, bagaimanapun, terlihat seperti mereka tidak bertindak sama sekali. Mereka menghuni pikiran dan tubuh karakter mereka sepenuhnya.
Sayangnya, aktor tidak bisa mencari nafkah / order film dengan kemaunnya sendiri, mereka harus melewati agensi untuk bisa mendapatkan order/kontrak film. Banyak aktor mengambil pekerjaan ber-bisnis untuk mengisi waktu luangnya jika dia sedang terlibat proyek film / audisi .
Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, upah per jam rata-rata aktor film adalah $ 10.69. Upah minimum untuk aktor SAG adalah $ 782 per hari atau $ 2.713 untuk satu minggu selama lima hari [sumber: Biro Statistik Tenaga Kerja].
Tentu saja, beberapa aktor teratas mendapatkan pendapatannya / kontrak mencapai $ 20 juta untuk satu film.
7. Film and Video Editors
Editor merupakan salah satu orang yang paling penting . Ini pekerjaan tidak biasa untuk seorang Director untuk shooting ratusan jam dengan rekaman yang perlu dipangkas/cut untuk menjadi sebuah film sepanjang 90-menit. Maka diperlukan seorang editor, yang terampil akan memilih adegan dan gambar individu terbaik yang bercerita sesuai dengan visi Director.
Editor menghabiskan hari-hari mereka (hingga larut malam/pagi) di depan konsol monitor komputer, memotong screenshoot detik demi detik dan juga mengedit audio. Proyek film yang lebih besar menggunakan editor yang berbeda, masing-masing dengan tugas tertentu (Editor pemotongan tingkat berat, editor dialog audio, efek audio editor ). Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, gaji tahunan rata-rata di 2010 untuk editor film adalah $ 74.200
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=13304177
follow @Apaajaboooleh on twitter
kritik , saran dan masukan.. kirim ke apaajabooooleh@gmail.com..:)