Thursday 1 March 2012

7 Poster Film Indonesia Terbaik

Beberapa Poster Film Terbaik Versi Finroll.com

1. Ada Apa dengan Cinta? (2002)

Tak pelak, Ada Apa dengan Cinta? (2002) adalah poster paling dikenang sepanjang masa untuk ukuran zaman kiwari. Bagi generasi sekarang, inilah poster yang paling melekat di benak kita. Padahal, dari segi design, poster ini biasa saja.

Namun, poster ini jadi fenomenal seperti filmnya karena sangat pas dengan target yang disasar: remaja. Pewarnaan warna-warni yang menutupi wajah Nicholas Saputra dan Dian Sastro diniatkan sebagai arti "cinta" yang macam-macam kata sineasnya.

2. Quickie Express (2007)

Tapi warna-warni itu bisa juga dimaknai kehidupan remaja yang dinamis, penuh warna. Bagi generasi MTV yang sehari-hari menghabiskan waktu depan TV, warna-warni itu persis warna layar TV saat tak ada siaran. Tak heran, posternya begitu melekat.

Film ini lahir di tengah kesadaran bahwa yang retro alias jadul sungguh cool. Tipografi judul sengaja dibuat mengingatkan kita pada era 1960-an atau 1970-an. Para bintangnya, sesuai fiilmnya, berdandan retro pula. Berpose dengan latar belakang monumen Pembebasan Irian Barat seperti pada sebuah foto lama. Retro 'abis! Cool 'abis!

3. Perempuan Berkalung Sorban (2009)

Hanung Bramantyo membuat film berdasar novel Abidah El Khalieqy tentang seorang perempuan (Revalina S. Temat) yang hidup di lingkungan pesantren konservatif. Anissa, tokoh yang diperankan Reva, adalah sosok pemberontak pada tradisi yang dianggap merugikan perempuan. Posternya menjelaskan semua itu, saat Anissa menghadap ke arah berbeda, sementara yang lain menuju arah yang sama.

4.Cin(T)a (2008)

God is a Director. Demikian tagline di poster film ini. Tuhan memang sang Maha Sutradara. Tuhan juga mempertemukan Annisa (Saira Jihan) dan Cina (Sunny Soon), sejoli yang beda agama. Tentu tak elok menggambar dua lambang agama di poster film. Dengan cerdik, yang hadir adalah setengah bagian bawah wajah dua sejoli. Mata keduanya, yang bisa menjelaskan satunya Muslim dan satu lagi Cina-Kristen, ditunjukkan lewat apa yang disebut seorang rekan, "orang-orangan jari".
5.Hari Untuk Selamanya (2007)

Ini adalah road movie karya Riri Riza tentang perjalanan dua anak manusia (Nicholas Saputra dan Adinia Wirasti). Sesuai niatnya, kesan road movie tergambar jelas dengan gambar jalan dan mobil. Posternya tak menampilkan bintangnya sedang nampang, tapi dari sini kesan realis dan road movie sangat terasa.

6.Maskot (2006)

Bagaimana menggambarkan sebuah film tentang seekor ayam? Menaruh potret ayam besar-besar? Tentu tidak. Paling baik, menaruhnya dalam gaya minimalis. Ayam cukup di pinggir saja. Tokoh-tokoh lain, diminta beraksi karikatural sesuai karakter mereka. Jadilah, poster Maskot ini.

Walaupun menurut komentar Poster ini mirip dengan cover buku 'Gege Mecari Cinta' karangan Adhitya Mulya tapi Finroll tetap memilihnya sebagai beberapa poster Film terbaik

7.Arisan! (2000)

Film Arisan! merekam dengan jenial kehidupan kaum jetset Jakarta era 2000-an. Mereka yang kerap disebut kaum sosialita tak luput dari masalah hidup. Posternya unik, mengumpulkan para tokoh utama dalam satu meja dengan mimik yang menjelaskan karakter maupun kisah masing-masng di filmnya. Lirikan Cut Mini, gaya genit Aida Nurmala, wajah Rachel Maryam yang menyembul sok ingin tahu, atau Tora Sudiro dan Surya Saputra memberi kita petunjuk ada apa di filmnya.

http://www.finroll.com/baca/3389/Beberapa-Poster-Film-Indonesia-Terbaik-Versi-Finroll.com
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit

1 comments :

menarik artikelnya dan menambah pengetahuan saya nie, dan sangat menarik loe, dan salam kenal dari mico dan kalo teman2 ada yg mau download film box office ato film horor silakan kunjungi situs ini ok

follow @Apaajaboooleh on twitter
kritik , saran dan masukan.. kirim ke apaajabooooleh@gmail.com..:)