MENJADI pendengar yang baik merupakan modal dalam berbagai posisi, sebagai teman, pasangan, atau rekan kerja.
Seorang pendengar yang baik tidak hanya ingin mengetahui seperti apa
cerita yang akan dibagi oleh lawan bicaranya, namun juga menghargai
keinginan setiap orang, yaitu keinginan untuk didengar.
Untuk menjadi seorang pendengar yang baik, berikut ini tips yang dapat Anda coba.
1. Fokus pada lawan bicara
Sesibuk apapun Anda, hentikan sementara sifat multitasking saat
sedang mendengarkan lawan bicara. Tunjukkan bahwa Anda fokus pada apa
yang sedang dibicarakan. Simpan dulu ponsel Anda, abaikan dulu bunyi
ringtone yang mengganggu pembicaraan (kecuali jika benar-benar urgent,
tentunya), dan pastikan Anda tidak melewatkan sedikitpun bahan obrolan.
2. Hindari memotong pembicaraan
Memotong dan menyela pembicaraan bukan hal yang baik untuk dilakukan,
terutama saat obrolan semakin serius. Selain tidak menunjukkan etiket
yang baik, memotong pembicaraan juga tidak menunjukkan hormat Anda pada
lawan bicara. Tahan dan bersabarlah sampai lawan bicara menyelesaikan
kalimatnya.
3. Tunjukkan reaksi
Tunjukkan bahwa Anda mendengarkan ceritanya dengan menjaga kontak
mata dan melihat langsung pada lawan bicara. Tunjukkan pula reaksi Anda
dengan ekspresi wajah, seperti mengangguk atau mengernyitkan dahi.
4. Buka pikiran Anda
Cobalah posisikan diri Anda sebagai lawan bicara. Rasakan apa yang
dialaminya. Hindari terlalu banyak berasumsi dan menghakimi dengan pola
pikir yang sempit. Buka pikiran Anda atas kondisi yang dialaminya secara
keseluruhan, tidak hanya obrolannya saja.
5. Hindari fokus pada diri sendiri
Saat lawan bicara mengeluarkan keluhannya, Anda mungkin akan
terdorong untuk menceritakan pengalaman yang sama yang Anda alami.
Ingat, fokus pembicaraan ialah lawan bicara Anda, bukan Anda. Jangan
sampai rekan Anda yang mau curhat, malah dicurhati balik oleh Anda.
6. Aktif merespon obrolan
Seorang pendengar yang baik tidak hanya akan menyediakan telinga
untuk lawan bicaranya. Dalam mendengarkan obrolan, Anda juga harus aktif
memberi respon. Tidak hanya sekedar “oh…” atau “ya, lalu?” tapi
sampaikan juga pendapat Anda tentang apa yang sedang dibicarakan.
http://www.tabloidbintang.com/gaya-hidup/psikologi/21200-6-langkah-menjadi-pendengar-yang-baik.html
follow @Apaajaboooleh on twitter
kritik , saran dan masukan.. kirim ke apaajabooooleh@gmail.com..:)