Tuesday 24 April 2012

Penasaran Ada Resleting di Logo Google Hari Ini?

Headline



Sudahkah Anda mengakses Google hari ini? Jika sudah, pasti Anda akan menemui resleting vertikal di mesin pencari itu. Ingin tahu arti logo Google hari ini?
Bertepatan hari ini, Selasa (24/4), merupakan hari lahir Gideon Sundback ke-132. Pria ini merupakan orang yang berjasa membuat resleting untuk busana Anda. Pria ini terlahir dengan nama Otto Fredrik Gideon Sundback di Swedia.
Sundback merupakan anak petani kaya bernama Jonas Otto Magnusson Sundback dengan ibu bernama Kristina Karolina Klasdotter. Sundback menempuh studinya di Swedia. Setelah selesai, ia pindah ke Jerman untuk belajar di politeknik di Bingen am Rhein.
Pada 1903, Sundback mengambil ujian insinyur, dan pada 1905 ia pindah ke Amerika Serikat (AS). Di AS, Gideon Sundback mulai bekerja di Westinghouse Electric dan Manufacturing Company di Pittsburgh, Pennsylvania.
Setahun kemudian, ia dipekerjakan Universal Fastener Company di Hoboken, New Jersey. Pada 1909, Sundback menikahi putri manajer pabriknya, Elvira Aronson hingga akhirnya ia dipromosikan menjadi kepala perancang di Universal Fastener.
Meskipun bukan pencetus pertama resleting, Sundback berhasil membuat beberapa kemajuan pada pengembangan resleting pada 1906-1914. Saat itu, produk perusahaannya masih berdasarkan kait dan kancing hingga Sundback mengembangkan versi perbaikan dari C-curity yang disebut ‘Plako’.
Ia meningkatkan jumlah elemen pengancing dari empat per inci hingga 10 atau 11. Pada 1914, Sundback mengembangkan versi baru dengan kode nama ‘No Hookless 2’ yang merupakan logam resleting modern seperti yang kita kenal saat ini.
Berkat penemuannya, Sundback dihadiahi hak paten AS No. 1219881 untuk ‘Fastener Separable’ yang dikeluarkan pada 1917. Resleting dipopulerkan pada 1923 oleh BF Goodrich setelah dipasang pada produk sepatu boot mereka.
Pada 20 tahun kemudian, industri fesyen mulai menerapkan penggunaan resleting, tepatnya di masa Perang Dunia II yang para tentara mulai menggunakan celana panjang dan baju berresleting modern. 
Inilah.com
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit

follow @Apaajaboooleh on twitter
kritik , saran dan masukan.. kirim ke apaajabooooleh@gmail.com..:)