Lokasi: Sogn og Fjordane, Norwegia
Latar
Belakang: Sekitar 5.000 ledakan berbeda dilakukan selama fase
konstruksi Terowongan Laerdal, yang membentang di bawah pegunungan
Norwegia dan fjord sepanjang 15 mil, dan ini merupakan terowongan yang
dibangun dengan waktu terlama di dunia.
Mengapa
Unik : Berkendara melalui terowongan selama 20 menit bisa sangat
monoton, sehingga tim psikolog dan insinyur terfokus pada bagaimana
mempertahankan konsentrasi pengemudi. "Reaksi psikologis seseorang di
dalam terowongan sangat penting ... hal itu membuat perbedaan antara
orang-orang menerima fasilitas atau hanya sekadar menghindari hal itu,"
kata Youssef Hashash, profesor Teknik Sipil dan Lingkungan di University
of Illinois, yang telah bekerja 10 proyek terowongan yang berbeda.
"Mengingat panjangnya terowongan ini, Anda memerlukan lingkungan yang
dirancang dengan hati-hati dan sistem pencahayaan yang baik." Beberapa
solusi yang digunakan dalam terowongan Laerdal termasuk lampu biru
terang dan tikungan tikungan halus yang terus membuat driver
konsentrasi. Paling penting adalah kenyataan bahwa terowongan ini dibagi
menjadi beberapa bagian yang berbeda, bisa mengistirahatkan pengemudi
dan menciptakan kesan bahwa penumpang bepergian melalui beberapa
terowongan yang lebih kecil.
2. Terowongan Channel
Location : Coquelles, Perancis
Latar
Belakang: Umumnya dikenal sebagai Chunnel, truktur raksasa ini
menghubungkan Inggris dan Perancis. Selesai pada tahun 1994, terowongan
31-mil ini menghabiskan biaya melebihi $ 20 miliar.
Mengapa
Unik : Menghubungkan Perancis dan Inggris melalui Selat Inggris adalah
sebuah ide yang telah dicetuskan ratusan tahun yang lalu. "Ada
usaha-usaha sebelumnya untuk membangun terowongan di sini, tapi mereka
berhenti karena berbagai alasan, baik teknis dan politik," kata Hashash.
setelah diketemukan teknologi modern, dan menimbang manfaat jika kedua
negara dapat dihubungkan, maka dimulailah mega proyek ini. Karena
panjangnya, desainer membangun terowongan lain yang lebih kecil untuk
jalan melarikan diri jika terjadi kebakaran atau kecelakaan di dalam
terowongan.
Latar
Belakang: Pengemudi akan menemukan struktur ini di antara Gunung Sion
di Taman Nasional Utah dan Bryce Canyon National Park.
Mengapa
Unik: Serangkaian jendela berukir menghiasi sisi terowongan sebagai
sarana pengemudi menikmati pemandangan. "Ketika Anda meninggalkan Sion
menuju ke Bryce, Anda mendaki jalan ini dan pergi melalui terowongan
yang indah ini. Anda dapat melihat formasi batu karang dan pemandangan
cantik," kata Hashash. Karena terowongan dibangun menembus batu pasir,
yang relatif soft rock, insinyur harus memperkuat struktur beberapa kali
selama 80 tahun, menambahkan rusuk beton dan sistem pemantauan 24 jam.
Latar
Belakang : Penjahat telah menggunakan terowongan bawah tanah untuk
melakukan segala macam kejahatan, termasuk perampokan bank dan
penyelundupan narkoba. Selama dekade yang lalu, terowongan penyelundupan
telah ditemukan di wilayah AS, berasal dari Kanada dan Meksiko.
Mengapa
Unik : Pada bulan Desember, para pejabat Amerika Serikat dan Meksiko
menemukan terowongan sepanjang 1000 kaki, yang mengarah ke AS, meskipun
tidak selesai, terowongan ini sudah dilengkapi dengan pencahayaan,
sebuah sistem ventilasi, listrik, dan bahkan lift. Sebuah pernyataan
dari Drug Enforcement Agency (DEA) menunjukkan bahwa terowongan dibangun
selama dua tahun.
Background:
Konstruksi terowongan antarbenua ini dimulai pada tahun 2004, tetapi
penemuan-penemuan arkeologi dari zaman Bizantium dan rintangan lainnya
telah menunda penyelesaiannya.
Mengapa
Unik : Terowongan tabung terbenam ini akan menjadi yang pertama yang
menggabung dua benua yang berbeda, yang berjalan dibawah Selat Bosporus
untuk menghubungkan sisi Eropa Istanbul dengan sisi Asia. Terowongan
Marmaray merupakan terowongan tabung terbenam terdalam di dunia, dengan
kedalaman maksimum 180 meter.
Latar
Belakang: Pada pandangan pertama Terowongan Thames tidak tampak
mengesankan; panjang 1.300 kaki dan kedalaman 75-kaki dan tampak pucat
dibandingkan dengan terowongan lain. Tapi Terowongan Thames adalah
tonggak sejarah dalam terowongan rekayasa.
Mengapa
Unik : "Ini adalah terowongan bawah air pertama, dan itu adalah pertama
kalinya konsep perisai tunneling digunakan," Hashash menceritakan. "Ini
adalah tonggak utama." Perisai tunneling adalah suatu alat yang
dikembangkan oleh Sir Marc Isambard Brunel yang berfungsi sebagai
dukungan sementara struktur, konstruksi yang memungkinkan kru untuk
aman, dan datar, menginstal sistem dukungan permanen di bawah air.
Membangun Terowongan Thames itu seperti hal yang baru pada awal abad
ke-19 bahwa pengunjung akan membayar untuk bisa masuk di dalam lokasi
konstruksi, dan bahkan Brunel konser dan jamuan makan di dalam struktur
yang belum selesai. Ketika terowongan selesai pada 1843, Ratu Victoria
memberikan gelar kebangsawanan kepada Brunel untuk jasanya dalam dunia
konstruksi.
Latar
Belakang : Terowongan sepanjang 33,5-mil ini menghubungkan pulau Honshu
dengan pulau Hokkaido. Konstruksi selesai pada tahun 1988.
Mengapa
Unik : Terletak di 787 meter di bawah permukaan laut, Seikan Tunnel
adalah terowongan terdalam di dunia. Selain itu, dengan panjang 33,5 mil
membuat terowongan terpanjang yang sedang digunakan. Penggalian kawasan
geologi dan batuan volkanik yang membosankan dicegah para insinyur
dengan menggunakan mesin canggih, memaksa mereka untuk menghancurkan dan
menggali dengan cepat di bawah Selat Tsugaru.
Latar
Belakang : Yerba Buena Island adalah sepotong kecil tanah kosong di San
Francisco Bay, antara Oakland dan San Francisco. Sebuah jembatan lima
jalur di satu sisi, dengan dua jembatan gantung di sisi lain.
Mengapa
Unik : Dengan diameter 76 kaki, Yerba Buena Island adalah terowongan
tunggal terluas di dunia, dibuka pada bulan November 1936. Hashash
berspekulasi bahwa menambahkan terowongan itu yang paling menghemat
biaya dan suatu solusi memungkinkan untuk melewati pulau, daripada hanya
membangun satu jembatan besar.
Latar
Belakang : Tiga terowongan yang berbeda itu ditemukan merayap di bawah
zona demiliterisasi Korea, salah satu perbatasan paling diperdebatkan di
dunia, sepanjang tahun 1970-an. Semua tampak berasal dari Korea Utara,
dan kemudian, pada tahun 1990, terowongan keempat ditemukan.
Mengapa
Unik : Invasi Ketiga Terowongan, juga disebut sebagai Terowongan Ketiga
dari Agresi, dimulai 26 mil dari Seoul, Korea Selatan. Rute bawah tanah
Korea Utara menyediakan sarana untuk meluncurkan serangan militer
besar-besaran, dan terowongan yang cukup besar untuk antar-jemput
seluruh divisi militer. GlobalSecurity.org memperkirakan bahwa sebanyak
20 terowongan pengganggu di DMZ; menmbah genting hubungan antara Utara
dan Korea Selatan.
Latar
Belakang: Pembangunan terowongan ini dimulai jutaan tahun yang lalu,
ketika asam karbonat mulai menggerogoti batu kapur dan dolomit bedrock.
Sebuah artikel yang diterbitkan dalam jurnal geologi pada tahun 1832
adalah dokumentasi pertama dari keberadaan terowongan ini.
Mengapa
Unik : Terowongan dengan lebar 200-kaki ini besar untuk menampung
kereta api, sehingga pada tahun 1906 dibangun jalur Selatan Kereta Api
penumpang yang melalui struktur alam ini. Hari ini, kereta api penumpang
tidak lagi digunakan, tetapi pengangkutan terus untuk mengangkut batu
bara melalui terowongan secara teratur. Karena kagum terhadap struktur
alam ini, William Jennings Bryan, calon presiden tahuna1896 dan Woodrow
Wilson's menteri luar negeri, menyatakan itu adalah keajaiban dunia ke
delapan.
http://blognyajose.blogspot.com/2012/01/18-terowongan-paling-unik-di-dunia.html
follow @Apaajaboooleh on twitter
kritik , saran dan masukan.. kirim ke apaajabooooleh@gmail.com..:)