Friday 24 August 2012

6 Tips Simpel Redakan Stress


Relieve Stress 1024x622 6 Tips Simpel Redakan Stres
lariwardenergymatters.com
Libur panjang Hari Raya Lebaran telah usai. Rutinitas kembali berjalan. Mereka yang tinggal di kota besar, siap-siap menghadapi keruwetan lain selain beban kerja di kantor. Semua pasti merasakan hal sama: stres, yang tentunya tidak bisa dihindari.
Dalam kondisi stres, pikiran seolah buntu, badan pun lelah. Dan itu semakin rumit ketika pekerjaan belum selesai. Setidaknya butuh cara-cara simpel dan tidak memakan waktu untuk redakan stres serta kembalikan pikiran segar. Inilah 6 tips meredakan stres dari Entrepreneur.com agar kerja kembali semangat.
1. Atur napas. Tarik napas panjang dan buang pelan-pelan, dengan hitungan waktu tarik dan buang sama banyak. Misal, tarik napas selama 4 detik, setelah itu buang dengan waktu yang sama. Besar waktu tarik dan buang bisa bervariasi tergantung keinginan, dan lakukan itu sebanyak 10 kali. Pengaturan napas seperti itu secara medis akan menenangkan sistem saraf, yang jika terganggu akan melawan respon, sehingga jika tidak dikendalikan, rasa emosi dan gugup akan muncul.
2. Bernyanyi. Jika cara pertama kurang berasa, cara lain adalah dengan bernyanyi atau bersenandung. Efek yang dirasakan akan mirip cara pertama karena secara teknis bernyanyi juga memerlukan teknik pengaturan napas. Kunci di sini, buang dan tarik napas lewat hidung. Jika malu melakukannya di kantor, lakukan di mobil bisa menjadi pilihan.
3. Banyak minum. Manusia yang dehidrasi akan kehilangan kekuatan untuk berpikir, bahkan untuk menghitung sesuatu yang mudah sekalipun. Sediakan gelas di meja kantor dan isi 3 hingga 4 kali agar selalu segar dan badan tidak dilanda dehidrasi.
4. Rasakan aliran dalam tubuh. Pejamkan mata dan rasakan aliran dalam tubuh barang setengah menit. Rasakan setiap aliran atau sensasi tubuh mulai dari kepala, rasakan sensasi kaki yang menjejak lantai, badan yang bersandar di kursi, dan tangan yang terlentang di meja. Hal itu akan menjauhkan rasa khawatir karena pikiran fokus untuk merasakan aliran dalam tubuh. Lakukan hal ini 3 hingga 4 kali.
5. Pandangi foto berlibur. Cara lain melarikan diri dari stres adalah dengan melarikan pikiran lewat foto. Bawa foto liburan atau foto berisi tempat-tempat indah, pejamkan mata, dan imaginasikan sensasi ketika sedang berada di tempat tersebut. Rasakan suara dan baunya. Teknik ini akan menenangkan ketika pikiran bisa memvisualisasikan imajinasi tempat indah tersebut. Lakukan setidaknya semenit saja,.
6. Tertawa lepas. Humor adalah lawan dari stres. Ketika stres, pikiran terikat dengan beberapa permasalahan. Namun ketika tertawa, pikiran jauh dari permasalahan tersebut. Coba buka youtube. Di sana banyak tersedia bahan untuk tertawa lepas serta menjauhkan pikiran dari stres.

http://the-marketeers.com/archives/6-tips-simpel-redakan-stres.html
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit

2 comments

oke nih gan, buat tips2nya.
karena jika tidak diatasi dengan cepat maka stress pun bisa menjadi faktor timbulnya beragam penyakit.

terimakasih tipsnya gan sangat membantu sekali ..

follow @Apaajaboooleh on twitter
kritik , saran dan masukan.. kirim ke apaajabooooleh@gmail.com..:)