Thursday 2 August 2012

Resep Oatmeal Chocochio Cookies untuk Kue Lebaran

 
Bahan:

- 250 gram tepung gandum utuh (whole wheat)
- 150 gram rolled oat/oat utuh, bisa menggunakan quick cooking oat/oatmeal instan ( seperti quaker oats , disarankan yang berwarna merah karena siap masak dan lebih lembut)
- 1 sendok teh baking powder
- 30 gram wheat bran (bisa dibeli di supermarket) , rendam dengan 200 ml susu cair rendah lemak selama 20 menit (saya pakai susu SOYA BEAN Yang plain, bisa juga susu kedelai yang di temui atau bisa diganti dengan susu merek lainnya), resep asli tidak menggunakan wheat bran,
- 125 ml minyak zaitun (bisa menggunakan minyak jenis lainnya)
- 2 butir putih telur
- 50 ml madu murni
- 150 gram chocochips yang sudah tersedia di supermarket
- 150 gram kismis

Cara membuat:

1. Siapkan oven, set disuhu 180 C. Letakkan rak di tengah oven. Siapkan baking tray/loyang untuk memanggang kue kering, alasi dengan kertas roti, sisihkan.


2. Siapkan mangkuk, masukkan bahan-bahan kering: tepung gandum utuh, rolled oat, baking powder, aduk menjadi satu. Masukkan bahan basah: wheat bran yang telah direndam susu bersama susu cairnya. Tambahkan minyak zaitun, madu dan putih telur, aduk rata. Masukkan kismis dan chocochips, aduk hingga rata. Masukkan adonan ke dalam kulkas selama 10 menit agar menyatu dan melekat.


3. Ambil adonan sebanyak 1 sendok makan, bentuk bulat dan padatkan dengan jari-jari tangan yang telah dibasahi dengan air agar tidak lengket. Pipihkan sedikit dengan menekan bulatan adonan dengan ujung jari, jika adonan retak dan merekah maka satukan kembali, buat adonan menjadi menyatu dan padat. Karena adonan tidak mengandung gula dan mentega maka cookies akan merekah saat dipanggang, jika kurang padat saat dibentuk.

4. Tata kue di atas baking tray, beri jarak. Panggang selama 20 menit atau ketika permukaannya mulai kuning kecoklatan. Keluarkan dan dinginkan kue di rak kawat. Jika telah dingin sempurna, masukkan kue ke dalam stoples rapat.

http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15786865
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit

follow @Apaajaboooleh on twitter
kritik , saran dan masukan.. kirim ke apaajabooooleh@gmail.com..:)