Thursday 25 October 2012

Katak Ini Memiliki Senjata ala Spyke X-Men



Tokyo - Sejenis katak langka yang dinamakan Otton ditemukan di kepulauan Amami, selatan Jepang. Ia memiliki struktur tubuh tambahan seperti yang dimiliki katak Hypsiboas rosenbergi dari Amerika Latin, yakni taji yang menyembul dari jempol saat berkelahi dan kawin--mirip tokoh Spyke dalam film animasi X-Men.

"Kenapa ''jari kelima'' ini ada di beberapa spesies masih merupakan misteri evolusi, tetapi struktur ekstra Otton itu sebenarnya jempol semu," kata Dr Noriko Iwai dari Universitas Tokyo. "Studi lapangan menunjukkan taji itu digunakan untuk bertempur dan kawin."

Meski katak jantan dan betina memiliki taji itu, ia hanya digunakan oleh katak jantan, yang memiliki jempol semu lebih besar daripada betina. Iwai meyakini taji itu berkembang sebagai cara bagi katak jantan untuk melekat pada betina saat kawin.

"Sementara jari semu itu telah berevolusi untuk kawin, jari itu juga digunakan untuk pertempuran," kata Iwai lagi. "Katak jantan menunjukkan respons menusuk dengan jari itu ketika mereka diambil. Banyak bekas luka di punggung katak jantan menunjukkan bukti pertempuran."

Diyakini katak-katak kecil itu berevolusi karena sangat membutuhkan persenjataan tersebut. Mereka harus berjuang, tidak hanya untuk bersaing mendapatkan pasangan, tetapi juga mendapatkan tempat untuk membangun sarang.

Tapi, tidak seperti Spyke, teknik tempur katak Otton agak rumit, lebih mirip gulat panjang yang diselingi sedikit tusuk-menusuk. Mereka juga harus berhati-hati agar tidak sampai menusuk dirinya sendiri dalam pertandingan itu.

"Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat bagaimana jari semu itu berevolusi dan bagaimana ia dapat digunakan untuk berkelahi," kata Iwai. Karena digunakan sebagai senjata, namun di sisi lain bisa melukai diri sendiri, jari semu Otton diyakini memberikan kontribusi menarik bagi upaya mempelajari morfologi tangan.


http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000017018916
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit

follow @Apaajaboooleh on twitter
kritik , saran dan masukan.. kirim ke apaajabooooleh@gmail.com..:)