Thursday 2 February 2012

Bagaimana Seleksi Jalur Undangan?

Image: corbis.com
Image: corbis.com
JAKARTA - Pendaftaran jalur undangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) mulai dibuka besok.

Setelah kepala sekolah memberikan rekomendasi, kamu pun bisa melengkapi persyaratan pendaftaran jalur undangan secara online melalui laman resmi jalur undangan SNMPTN.

Sekarang, mari kita simak bagaimana mekanisme seleksi jalur undangan seperti disiarkan situs resmi SNMPTN 2012, Selasa (31/1/2012).

Jadwal pendaftaran dan seleksi
Pendaftaran online bisa dilakukan pada periode 1 Februari–8 Maret 2012 pukul 22.00 WIB. Panitia akan menyeleksi peserta jalur undangan pada 9 Maret–15 Mei 2012.

Mereka yang lolos seleksi akan diumumkan pada 25 Mei 2012 mulai pukul 18.00 WIB. Kamu yang diterima bisa melakukan pendaftaran Ulang pada 12–13 Juni 2012.

Tata cara pendaftaran secara lengkap dapat kamu lihat pada laman http://undangan.snmptn.ac.id. Tata cara pengisian borang pendaftaran Jalur Undangan juga dapat kamu unduh dari laman yang sama. .

Seleksi jalur undangan
Panitia SNMPTN akan melakukan pemeringkatan per jurusan sekolahmu, yakni IPA, IPS, atau Bahasa. Pemeringkatan ini berdasarkan nilai mata pelajaran yang diujikan dalam UN tahun 2012.

Pada proses ini, panitia SNMPTN akan mengurutkan nilai para pelamar dan mencocokkannya dengan syarat nilai minimal prodi yang dilamarnya.

Seleksi SNMPTN jalur undangan dilakukan dalam dua tahap. Pertama-tama, siswa pelamar akan diseleksi di PTN pilihan pertama berdasarkan urutan pilihan program studi pada PTN pilihan pertama. Kemudian, jika dia tidak terpilih pada PTN pilihan pertama, maka akan diikutkan pada seleksi tahap kedua di PTN pilihan kedua berdasarkan urutan pilihan program studi di PTN pilihan kedua tersebut.

Seleksi juga akan mempertimbangkan faktor kesehatan. Panitia akan memilih mereka yang sehat jasmani dan rohani, sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di perguruan tinggi. Faktor ini juga termasuk bebas buta warna jika kamu mendaftar pada prodi tertentu.

Tidak hanya itu, kamu juga harus mampu memenuhi persyaratan lain yang ditentukan oleh masing-masing PTN penerima.(rfa)
http://kampus.okezone.com/read/2012/01/31/373/566747/bagaimana-seleksi-jalur-undangan 
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit

follow @Apaajaboooleh on twitter
kritik , saran dan masukan.. kirim ke apaajabooooleh@gmail.com..:)