Friday 17 February 2012

Spanyol, Destinasi Wajib Para Penggila Bola


Camp Nou, Barcelona (worldsportholic.blogspot.com)

Camp Nou, Barcelona (worldsportholic.blogspot.com)


Selain matador, Spanyol juga identik dengan sepakbola. Ada 3 kota di negara ini yang namanya lekat dengan klub sepakbola, yaitu Madrid, Barcelona, dan Bilbao. Destinasi wajib bagi para traveler penggila bola!

Tak heran banyak orang bilang bahwa 'futbol', sebutan olahraga sepakbola dalam bahasa Spanyol, adalah 'agama' bagi negara itu. Spanyol punya sejarah yang panjang akan sepakbola, walaupun awalnya olahraga ini dibawa oleh masyarakat Inggris.

Pada 1900-an, para mahasiswa Spanyol yang belajar di Inggris membawa permainan ini ke negara asal mereka. Begitu pula dengan para imigran Inggris yang tinggal di Spanyol, yang seringkali bermain sepakbola ketika mengisi waktu luang.

Sekarang, mendengar kata Spanyol, tiga hal yang pertama terlontar dari mulut penggila bola pastilah Real Madrid, Athletic Bilbao, dan FC Barcelona!

Oleh karena itu, ketika berkunjung ke Spanyol tak lengkap rasanya bila Anda tak mampir ke tiga kota tersebut. Dengan aplikasi Visa Schengen yang sekarang dipermudah, ayo rasakan atmosfer gila bola ala negara pemenang FIFA World Cup 2010 ini!

1. Madrid

Belum sah bila datang ke Kota Madrid tanpa mengunjungi stadion Santiago Bernabeu. Ini adalah stadion tempat bermainnya Real Madrid, salah satu tim sepakbola paling terkenal di dunia. Tentunya Anda mengenal Christiano Ronaldo, salah satu pemain andalan tim ini bukan?

Ada dua opsi yang cukup menggiurkan ketika berlibur ke ibukota Spanyol ini. Pertama, jika Anda datang bukan pada musim pertandingan, terdapat tur keliling stadion yang bisa Anda ikuti. Harganya 15 Euro sekali tur. Anda akan dibawa mengelilingi lapangan, ruang ganti, ruang pers, hingga Real Madrid Museum tempat disimpannya beragam piala dan penghargaan sepakbola.

Kedua, jika Anda datang di musim pertandingan, jangan lewatkan pertandingan Real Madrid dengan rival utamanya yaitu FC Barcelona. Bertempat di stadion yang sama, Anda akan dibawa menuju atmosfer pertandingan sepakbola yang menggetarkan jiwa. Namun, tiket pertandingan di sini terjual sangat cepat. Serupa dengan Indonesia, ada juga calo yang menjual tiket dengan harga sedikit lebih mahal. Tak masalah untuk melihat pertandingan seru ini, bukan?

Selain stadion Santiago Bernabeu, Anda juga bisa mengunjungi stadion Vicente Calderon tempat bermainnya klub Atletico de Madrid. Tim sepakbola ini juga merupakan favorit di La Liga, liga sepakbola Spanyol.

Kota terbesar di Spanyol ini juga terkenal dengan peninggalan budaya dan historis. Jangan lupa kunjungi alun-alun Puerto del Sol yang terletak di tengah kota, juga Palacio Real (Royal Palace) sebagai tempat kediaman Raja. 

Jika tim Real Madrid memenangkan suatu pertandingan, Puerto del Sol akan ramai oleh arak-arakan. Patung King Charles III yang berada tepat di tengahnya akan dikalungkan bendera Spanyol dan bendera Real Madrid. Seru!

2. Barcelona

Selain 'nyeni', ibukota Provinsi Catalonia ini juga terkenal dengan klub sepakbolanya yaitu FC Barcelona. Cesc Fabregas adalah salah satu pemain yang paling terkenal dari klub ini. Oleh karena itu, jangan lewatkan untuk singgah di stadion tempat bermainnya FC Barcelona, yaitu Camp Nou.

Camp Nou merupakan stadion terbesar di Eropa, dengan kapasitas sekitar 98.600 orang. Anda akan ternganga melihat ukuran stadion yang sangat besar ini, lengkap dengan toko-toko dan museum klub FC Barcelona. Sama seperti Santiago Bernabeu, Anda juga bisa mengikuti tur stadion Camp Nou. Sayangnya, ruang ganti tak terbuka untuk publik.

Cobalah mengunjungi Camp Nou ketika ada pertandingan sepakbola. Paling baik jika FC Barcelona akan melawan rival besarnya, yaitu Real Madrid. Harga tiket masuknya memang cukup mahal, yaitu 42 Euro. Namun, stadion ini selalu dipenuhi para supporter sepakbola. Rasakan saja dengungan nyanyian yang diteriakkan puluhan ribu orang!

Selain stadion, Barcelona juga terkenal dengan bangunan karya Antonio Gaudi yang terkenal, seperti Parc Guell dan Sagrada Familia. 

3. Bilbao

Fernando Llorente adalah salah satu pemain andalan klub Athletic Bilbao. Kota yang merupakan ibukota Provinsi Basque ini punya karakteristik tersendiri yang berkaitan dengan stadion sepakbola. Klub Athletic Bilbao itu sendiri dikenal sebagai 'Los Leones de san Mames-Bilboko Lehoiak' atau 'Singa dari San Mames'.

Nama itu tak lepas dari stadion tempat berlatihnya Athletic Bilbao. Adalah San Mames Stadium, yang letaknya berdekatan dengan San Mames Cathedral. Oleh karena itu, stadion ini sering disebut sebagai 'the football cathedral'.

Dibangun pada 1913, San Mames Stadium merupakan stadion sepakbola tertua di Spanyol. Stadion ini cukup besar dan mampu menampung ribuan orang. Jika mengunjungi Bilbao pada tahun ini, Anda akan menjadi saksi dari sisa bangunan San Mames Stadium.

Dengan biaya sekitar 160 juta Euro, San Mames Stadium tengah direnovasi. Stadion ini akan kembali beroperasi sebagai stadion tertua sekaligus terbaru di Eropa. Rencananya, renovasi ini akan rampung pada 2013 mendatang.

Terdapat beberapa museum yang bisa Anda datangi ketika berlibur ke kota ini. Salah satu museum yang paling terkenal adalah Guggenheim Museum, yang berisi karya seni modern dengan bentuk bangunan yang sangat futuristik.

via detik travel
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit

follow @Apaajaboooleh on twitter
kritik , saran dan masukan.. kirim ke apaajabooooleh@gmail.com..:)