Monday 19 March 2012

5 Makanan Ampuh Tingkatkan Hemoglobin


detail berita
Beli sayuran sehat (Foto: Corbis)
PENURUNAN jumlah darah Anda adalah masalah serius, yang dapat menjadi tanda anemia, infeksi, atau bahkan pendarahan.
 
Taruhannya tinggi untuk wanita, terutama yang tidak diet khusus zat besi dan nutrisi lainnya dalam sehari-hari. Penurunan hemoglobin bisa menyebabkan kelemahan dan menurunkan kinerja.
 
Lantas, bagaimana seseorang mengatur kadar hemoglobin agar senantiasa sehat? Berpihaklah pada alam. Pasalnya, kita dianugerahi dengan makanan yang dapat membantu mempertahankan tingkat hemoglobin yang sehat.
 
Berikut makanan peningkat hemoglobin yang direkomendasikan Times of India.
 
Daging merah
 
Saat kita mencari makanan yang mampu meningkatkan tingkat hemoglobin, kita mencari makanan yang kaya akan kandungan zat besi.
 
Daging merah merupakan rumah bagi zat besi yang mudah diserap usus. Tetapi, tetaplah bijak dan konsumsi sesuai porsi kalau Anda tak ingin berujung pada sakit jantung karena kadar lemak tinggi. Bagaimanapun, diet seimbang adalah kunci hidup sehat.
 
Sayuran
 
Buah bit, bayam, kacang polong hijau, kacang merah, kubis, lobak, ubi, dan kembang kol adalah sayuran yang mudah tersedia di pasaran. Begitu juga dengan brokoli dan sawi. Bit adalah obat alami terbaik untuk meningkatkan jumlah darah dan memiliki kemampuan untuk regenerasi yang mengandung besi dan mengaktifkan sel-sel darah merah, serta memasok oksigen segar ke darah.
 
Buah
 
Kismis, plum, apel, anggur, dan semangka tidak hanya dapat menambah sel-sel darah merah, tetapi juga melancarkan aliran dan meningkatkan jumlah darah.
 
Kacang almond
 
Almond merupakan "raja" dari semua kacang dengan kandungan zat besi tertinggi. Satu ons almond setiap hari menyediakan enam persen dari besi yang dibutuhkan tubuh.
 
Roti, pasta, sereal
 
Periksa label pada roti gandum, pasta, dan sereal. Setiap paket harus mengandung 20 persen atau lebih dari nilai harian untuk zat besi. Gandum murni menawarkan banyak manfaat kesehatan yang setiap orang harus mencoba untuk memasukkannya ke dalam diet sehari-hari. Gandum juga merupakan sumber yang kaya akan zat besi.
okezone

Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit

follow @Apaajaboooleh on twitter
kritik , saran dan masukan.. kirim ke apaajabooooleh@gmail.com..:)