Saturday 17 March 2012

Cuka, Si Pembersih Serbaguna




Meski rasanya kecut, baunya pun tak begitu mengenakkan, cuka sebenarnya memiliki khasiat yang luar biasa. Cuka tak hanya bisa digunakan sebagai penambah rasa pada makanan, tetapi juga sebagai pembersih serbaguna di sekitar rumah. Bisa jadi Anda bisa menghemat uang banyak daripada membeli segala macam merek pembersih. Lucunya, cuka tak akan meninggalkan bebauan khasnya ketika digunakan sebagai pembersih. Cuka bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti:
1. Menghilangkan sisa perkapuran di dasar ceret perebus air. Tambahkan setengah cangkir cuka putih ke dalam ceret yang berisi air, lalu diamkan semalaman, buang dan cuci bersih. Jika kapur sudah mengeras dan belum terlarut, rebus setengah cangkir cuka bening di dalam ceret air tadi hingga mendidih, biarkan mendingin, lalu cuci bersih.
2. Biasanya pada suatu produk atau barang yang baru dibeli, stiker harga atau barcode ditempel demikian kuatnya. Sementara untuk mencabutnya, justru akan merusak produk. Anda bisa coba lakukan ini: celupkan kain kecil ke dalam cuka, lalu taruh di atas stiker tadi, tinggalkan semalaman, lalu angkat di pagi hari.
3. Singkirkan jamur dan kerak sisa sabun di dasar bak mandi atau lantai kamar mandi dengan mengelapnya menggunakan campuran cuka dan air putih. Bersihkan dengan air.
4. Untuk menghapus bau di dalam jamban, tuangkan tiga cangkir cuka ke dalam jamban, biarkan selama setengah jam, lalu siram.
5. Hilangkan bekas cat pada kaca, pintu, gelas dengan menggunakan cuka tanpa dicampur air. Cuka akan melembutkan cat yang sudah mengeras di atas kaca. Diamkan cuka sebentar hingga melunak, baru bersihkan dengan alat yang ujungnya tajam. 
6. Untuk membersihkan mainan bayi atau mainan binatang peliharaan dari kuman, tambahkan cuka secukupnya dalam air sabun.
7. Bersihkan gunting yang lengket dengan kain yang sudah dibasahi dengan cuka.
8. Bersihkan alat panggang menggunakan aluminium foil yang digumpalkan dan diteteskan cuka.
9. Bersihkan tempat pajangan atau buffet dengan kain yang dicelupkan ke dalam cuka.
http://kesehatan.kompas.com/read/2009/07/06/10255752/cuka.si.pembersih.serbaguna 

No comments:

Post a Comment

follow @Apaajaboooleh on twitter
kritik , saran dan masukan.. kirim ke apaajabooooleh@gmail.com..:)