Jumat, 13 April 2012

7 Jenis dan Macam Blog yang Banyak diminati



Ketika mendiskusikan mengenai blog, kebanyakan orang belum mengerti mengenai berbagai variasi blog. Hanya karena interface blog terlihat sama semua, bukan berarti content di dalamnya juga sama. Berikut 7 Macam Tipe Blog, yaitu :

1. Blog Politik (PoliticalBlogs)
Blog politik memiliki beberapa bentuk. Bentuk yang paling sering dipakai adalah seorang blogger akan melakukan link ke artikel dari berita suatu website dan kemudian mem-posting komentar mereka. Sedangkan yang lainnya, lebih berfokus pada esai mengenai topic politik. Faktanya, trend blog politik digunakan untuk melakukan kampanye politik, dalam rangka mencoba memasukkan blog ke dunia politik, seperti yang terjadi pada pemilihan presiden Amerika baru-baru ini.

2. Blog Personal (PersonalBlogs)
Blog ini pada umumnya digunakan untuk mendeskripsikan sebuah diary atau jurnal online, seperti Xanga. Format weblog diary online ini memberikan kemudahan bagi user, tanpa perlu memiliki pengalaman dalam membuat, memformat, dan mem-posting masukan ke blog. User dapat menulis kejadian sehari-hari, komplain, puisi, prosa, ide pikiran, dan masih banyak lagi, juga memperbolehkan user lain untuk ikut berkontribusi di dalamnya.

3. Blog Bisnis (BussinessBlogs)
Sebuah blog yang digunakan oleh pengusaha untuk mempromosikan bisnis mereka. Seringkali blog bisnis berlaku sebagai aksi promosi pengusaha untuk menyediakan gambaran aktivitas di belakang bisnis mereka, seperti pada blog personal. Dalam beberapa kasus blog bisnis juga dilengkapi dengan iklan, penjualan produk, atau informasi.

4. Blog Topik (TopicalBlogs)
Blog topic lebih berfokus pada hal-hal yang khusus. Sebagai contoh, seperti blog Google, atau blog prajurit atau blog militer (milblog). Banyak blog memperbolehkan banyak kategori, dimana sebuah blog umum dapat diganti menjadi blog topic sesuai keinginan user.

5. Blog Kesehatan (HealthBlogs)
Blog ini ditulis sebagai account personal dari isu-isu kesehatan, berbagai informasi dengan user lain mengenai kesehatan. Kategori blog dalam blog kesehatan ini seperti blog medis, yang juga terbagi dalam dua kategori. Tipe pertama adalah blog yang ditulis oleh professional kesehatan mengenai pekerjaannya, berita kesehatan atau ide user lain. Kemudian tipe berikutnya berupa kasus pasien, yang memperbolehkan dokter untuk memasukkan kasus pasien ke website. Dokter juga dapat memberikan komentar atau ikut memecahkan kasus tersebut.

6. Blog Kesusasteraan (Litblog)
Blog ini merupakan blog yang berfokus kepada topic suatu literature. Terdapat komunitas litblog dalam blogosphere dimana pengarang dapat memasukkan berbagai subtopic yang berkaitan dengan literature atau sastra. Litblogger dapat menulis mengenai industri percetakan, artikel, fiksi, puisi, jurnal literature, diary pembaca, kritikan, jenis literature seperti fiksi dan misteri.

7. Blog Perjalanan (TravelBlogs)
Banyak pengembara yang menulis perjalanan mereka ke dalam paper. Dengan blog ini, mereka dapat menuangkan idenya, atau berbagai foto dan cerita, bahkan ketika mereka sedang traveling ke seluruh dunia.

SUMBER : http://pengetahuanpintars.blogspot.com/2011/11/7-jenis-dan-macam-blog.html#ixzz1ruwXFgeW
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit

2 komentar

infonya sangat menarik dan bisa menambah ilmu ...??

wah banyak juga ya ... boleh ni di coba ....???

follow @Apaajaboooleh on twitter
kritik , saran dan masukan.. kirim ke apaajabooooleh@gmail.com..:)