Monday 2 April 2012

7 Persamaan Klub Barcelona Dengan Klub Persipura



Walau kwalitas Barcelon dan Persipura memang tak sepadan, namun ada beberapa persamaan menarik yang bisa dicermati dari kedua tim ini. Setelah melihat kipra Barcelona dan Persipura di masing –masing kompetisi saya menemukan beberapa persamaan terhadap kedua klub ini. Berikut beberapa persamaan yang menurut saya dimiliki oleh kedua Tim :

1. Keduanya menggunakan produk binaan sendiri yang sebagai tulang punggung tim masing –masing. Jika di Barca ada kapten Carles Puyol di Persipura ada Eduard Ivak Dalam, Victor Valdes di lini belakang Barca dan Richardo Salampessy di Persipura, Andre Inesta, Xavi Hernadez di lini tengah Barcelona maka di Persipura ada Imanuel Wanggai, Ian Louis Kabes, Lionel Messi striker andalan Barcelona yang merupakan produk asli tim Barcelona maka Persipura memiliki Boaz Salossa.

2. Kombinasi penyerang yang di miliki kedua tim pada musim ini sama persis. Jika di Barca ada Messi dan Pedro/Bojan yang merupakan produk asli Barca ditandemkan dengan David Vila yang baru saja didatangkan dari Valencia musim ini maka Persipura menempatkan Boaz Solossa dan Titus Bonay/Tinus Pae ditandemkan dengan Rahmad Rivai yang baru saja direkrut dari Sriwijaya FC.

 

3. Kedua tim memainkan sepak bola menyerang dengan umpan –umpan pendek, serta mengandalkan serangan balik yang cepat.

4. Kedua tim sama-sama dilatih oleh pelatih muda yaitu Pep Guardiola di Barcelona dan Jeckson F Tiago di Persipura.

5. Keduanya sama –sama menghasilkan pemain muda berbakat yang bersinar di klub lain: Cesc Fabregas, Luis Garcia, Mikel Erteta ( Barcelona), Oktovianus Maniani, Korinus Fingkrew, Cristian Worobay (Persipura).

6. Walau Espanyol merupakan tim sekota Barcelona namun bagi Barca derby yang sesungguhnya adalah saat menantang klub asal ibu kota, Real Madrid. Begitu juga dengan Persiwa yang merupakan tim asal Papua, namun Persipura lebih menggangap tim asal ibu kota, Persija Jakarta lah yang merupakan rival abadi mereka.

7. Barcelona berasal dari daerah Catalunya, yang merupakan daerah gerakan separatisme dari Spanyol. Sementara Persipura berasal dari Papua yang dimana terdapat kelompok OPM ( Organisasi Papua Merdeka).

Jadi walau kwalitas keduanya berbeda dan berasal dari benua yang berbeda pula, namun ternyata kedua tim ini memiliki banyak persamaaan.



http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7769995
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit

follow @Apaajaboooleh on twitter
kritik , saran dan masukan.. kirim ke apaajabooooleh@gmail.com..:)