Friday 13 April 2012

8 Tempat terbaik untuk menjual karya seni Anda secara online


Gadgetan – Berjualan di dunia online memang sangat menyenangkan. Selain bisa dikerjakan di rumah, Anda juga bisa menjual apapun dan kepada siapapun tanpa batasan daerah dan tempat. Produk seperti makanan, pakaian dan produk seni bisa dijual di dunia online. Kali ini Gadgetan ingin membahas beberapa situs yang siap menampung dan membeli karya Anda.

Berikut ada beberapa situs yang bisa digunakan jika Anda ingin menjual karya seni Anda secara online. Check it out :

1. DeviantART


Merupakan jaringan sosial terbesar online untuk seniman, fotografer dan desainer. DeviantART memiliki 14 juta komunitas pengguna yang bisa membagikan karya seni dan memberikan feedback untuk karya Anda. Di DeviantART ada mata uang virtual bernama “Point“, dimana Anda juga bisa menjual ataupun membeli karya seni yang ada di dalamnya. Untuk menjual karya seni Anda, lihatlah dulu reaksi komunitas di dalam ketika Anda melakukan share karya Anda. Jika banyak reaksi positif maka Anda bisa menjual karya Anda dengan harga US$20-$100.

2. Etsy


Etsy adalah sebuah marketplace untuk menjual segala produk buatan tangan dan vintage. Situs ini didirikan pada tahun 2005 oleh sekelompok musisi dan pembuat kerajinan tangan yang membutuhkan tempat untuk menjual karya mereka. Situs ini cukup populer di kalangan seniman indie.

3.YouTube

Kalau yang satu ini, semua pasti sudah tahu. Hanya saja, tidak semua orang mengetahui apa yang bisa diberikan YouTube untuk Anda selain hiburan. Karir musik Justin Bieber sampai bisa terkenal seperti sekarang ini karena YouTube. Bieber yang asal Kanada ini terkenal duluan di YouTube sampai musisi Usher menemukan talentanya.


Tetapi jika Anda tidak memiliki wajah setampan Justin Bieber sehingga bisa dilihat oleh pengunjung dengan jumlah jutaan, jangan khawatir. YouTube memiliki program pembagian profit dari iklan yang muncul di video Anda sebesar 50:50.  Punya bakat unik untuk ditampilkan? Jangan ragu untuk pergi ke YouTube.

4. Gumroad


Gumroad adalah startup yang bertujuan untuk memaksimalkan kemampuan Anda untuk menjual barang secara online. Daripada mendirikan sebuah etalase di seluruh Gumroad, lebih baik Anda menetapkan link ke produk Anda. Kebijakan harga di Gumroad fleksibel dan bagus. Gumroad memungkinkan Anda untuk secara dinamis menetapkan harga pada karya Anda, jadi jika ada banyak permintaan untuk karya Anda, Anda bisa saja menaikkan harga.

5. Zaarly

Merupakan startup mobile peer-to-peer, memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual sesuatu dengan orang-orang dekatnya. Awalnya, situs ini hampir sama seperti Fiverr dimana Anda melakukan posting pekerjaan sambilan yang bisa dilakukan dengan bayaran tertentu, namun situs ini sekarang menjadi favorit bagi seniman freelance dan desainer untuk menjual karya mereka dengan cepat.


Caranya cukup mudah, buat daftar kata kunci karya seni Anda dan lokasinya. Setiap kali ada pembeli yang cocok, Zaarly secara aman akan membuat koneksi. Zaarly baru-baru ini meluncurkan aplikasi mereka secara gratis di iOS dan Android.

6. TuneCore





Awalnya TuneCore melakukan promosi dengan cara menerima bayaran seharga pizza untuk 6 potong, untuk membantu karya para musisi tersedia di iTunes. Tentu saja harga murah yang ditawarkan membuat para musisi ingin mencoba peruntungan mereka lewat jasa TuneCore, sebut saja Ziggy Marley, Drake, Soulja Boy, dan mantan gitaris Guns N’ Roses Izzy Stradlin. TuneCore mengklaim mereka telah membantu para musisi memperoleh penghasilan lebih dari US$ 250.000. Hebatnya, apabila musik Anda terjual di iTunes, TuneCore tidak akan meminta bagian sedikitpun dari penghasilan Anda.

7. Demotix


Jika Anda memiliki hobi tentang foto jurnalisme maka Demotix bisa menjadi solusinya. Sistem kerjanya sederhana, Anda tinggal mengupload foto Anda yang berkaitan dengan berita yang lagi nge-trend. Jika hasil karya Anda menjadi yang terbaik dari semua foto yang berkaitan dengan berita itu, maka Demotix akan langsung mengirimkan foto Anda langsung ke meja para publisher ternama.

8. Scribd

Scribd menjanjikan untuk menghubungkan penulis artikel dengan potensi puluhan juta pembeli. Di Scribd, yang menampung jutaan dokumen, Anda dapat berbagi apapun dari resep, kisah-kisah pribadi, laporan akademik dan tips.


Dengan 100 juta pengguna di dalamnya, Scribd menghadirkan peluang bagi Anda, para penulis, untuk menghasilkan uang dari konten yang ditulis. Scribd sempat mau diakuisisi Yahoo, namun mereka bisa berkembang dengan sendiri dan akhirnya tidak memerlukan akuisisi Yahoo.

Nah, sekarang Anda tinggal menentukan apa yang ingin Anda jual, kemudian kunjungi situs-situs di atas. Lumayan lho, dapat penghasilan USD. 

http://gadgetan.com/?p=20577
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit

3 comments

wah keren tu om... bisa buat cri $$....

terima kasih akan saya coba. anasbgl2.blogspot.com

Thanks sudah bagi rezekinya.

follow @Apaajaboooleh on twitter
kritik , saran dan masukan.. kirim ke apaajabooooleh@gmail.com..:)