Saturday 26 May 2012

Mengenal Jenis-jenis Mentega

Kenali Jenis-jenis Mentega [ www.Up2Det.com ]

Mentega adalah produk susu yang prosespembuatannya diaduk kemudian difermentasikan. Biasanya digunakan untuk memasakdan pembuatan kue, baik bahan dasar maupun sebagai saus saja. Mentega umumnyadibuat dari susu sapi dan hewan mamalia lain seperti kambing, domba, kerbau danyaks.

Menurut cara pembuatannya, ada beberapa jenismentega yang beredar dan digunakan sesuai dengan kebutuhan, yaitu:

TRADISIONAL BUTTER


Churned Butter
Churned butter adalah mentegatradisional yang dibuat dengan mengaduk susu yang telah dipasteurisasi hinggabentuknya lebih padat. Di Kanada, ada sebuah peraturan bahwa churned butter iniharus mengandung setidaknya 80% lemak, 16% air dan 3% susu murni. Churnedbutter ini dijual dalam dua versi, salted dan unsalted, tergantung selera dankebutuhan pemakaian.

Sweet Butter


Ada yang menyebut sweet butter iniunsalted butter. Sebenarnya sweet butter adalah jenis churned butter yang dalampembuatannya tidak menggunakan garam, jadi rasanya manis. Dalam dunia baking,sweet butter ini digunakan sebagai penyeimbang rasa apabila kadar garam didalam masakan/kue/roti terlalu banyak. Sayangnya, sweet butter tidak tahan lamadibandingkan dengan salted butter, sehingga ia harus cepat digunakan setelahdibeli.

Light Butter


Yang dimaksud dengan light butter adalah jenisdari churned butted, namun dalam pembuatannya telah ditambahkan air sebanyak25% sehingga kadar lemak dalam mentega ini jauh lebih rendah. Karena mengandungkadar air yang cukup banyak, light butter ini sebaiknya disajikan sebagaitambahan saat makan roti atau kue kring saja. Light butter tidak cocokdigunakan untuk memasak atau ditambahkan pada saus karena ia akan cepat melelehdan menguap.

Cultured Butter
Cultured butter adalah mentega yangterbuat dari cream susu kemudian dalam proses fermentasinya ditambahkan bakteri (yang hampir mirip denganbakteri dalam yogurt). Mentega ini usianya jauh lebih lama dari churnedbutter, sehingga dapat disimpan lebih lama apabila tidak langsung digunakan.Ada dua jenis cultured butter, salted dan unsalted yang juga digunakan sesuaikebutuhan dan selera.

MODERN BUTTER


Dalam perkembangannya, ada beberapa mentegatradisional yang kemudian dikembangkan sesuai dengan sentuhan teknologi dantrend. Yang pada akhirnya memunculkan 4 jenis mentega baru yang cukup populer,yaitu:

Flavoured Butter

Flavoured butter sebenarnya adalah jenistraditional butter yang ditambahkan perasa, seperti bawang putih, rasa pedas,atau bumbu-bumbu lainnya. Flavoured butter biasanya digunakan sebagai bumbuinstant untuk menyantap makanan, semisal jagung bakar, jagung rebus, roti,biskuit, dan lain sebagainya.

Blended Butter

Blended butter adalah mentega yangbiasanya dalam penggunaan dicampur dengan beberapa minyak, seperti canolamisalnya. Karena dicampur, bentuknya nyaris cair dan biasanya digunakan sebagailapisan makanan.

Whey Butter

Sedangkan whey butter adalah mentega yangterbuat dari whey. Warnanya jauh lebih kuning dari warnamentega biasanya,aromanyapun jauh lebih cheesy.

Whipped Butter

Whipped butter adalah mentega yangdibuat lebih ringan untuk sajian mentega di meja makan. Mentega ini digunakanuntuk lapisan teman makan roti, pancake, dan lain sebagainya. Mentega ini tidakdibuat untuk bahan dasar memasak atau membuat roti.

Ghee
Ghee adalah mentega yang bisa dibilangcukup langka. Biasanya dijual dalam bentuk nyaris cair sehingga harus dikemasdi dalam toples. Terdiri dari kandungan lemak tinggi, dan susu murninya telahdipisahkan dalam proses fermentasinya. Agar Ghee bisa bertahan lama, ia harusdisimpan di tempat yang dingin atau di dalam kulkas.



http://www.terselubung.up2det.com/2012/05/kenali-jenis-jenis-mentega.html
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit

3 comments

info yang menarik & lengkap tentang mentega, thanks!

sebentar lagi lebaran ni, thx sharing tentang menteganya. moga bermanfaat.

semoga berguna ya semua :D

follow @Apaajaboooleh on twitter
kritik , saran dan masukan.. kirim ke apaajabooooleh@gmail.com..:)